PAYPAL

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Friday, March 4, 2011

Kunci bertahan hidup keluarga dengan enam anak dan dengan hanya seorang yang bekerja. (Bagian pertama)

Oleh Leo Babauta

1) Hidup hemat. (lihat artikel sebelumnya)
2) Perbesar penghasilan. Kerja tetap dan kerja sambilan.
3) Bayar hutang dan hindari hutang baru.
4) Tabung dana darurat.
5) Buat anggaran, buat daftar biaya bulanan tetap (air, listrik, mobil, internet, HP dsb), bersama dengan (belanja, bensin, makan di luar dsb), pengeluaran tidak tetap (perbaikan mobil, rumah, kado, berobat dsb). Buat daftar pemasukan. Pemasukan > pengeluaran, bila tidak kurangi pengeluaran.
6) Otomasi tagihan (autodebet)
7) Sistem amplop, untuk yang tidak bisa diotomasi, gunakan uang tunai dari amplop terpisah (amplop belanja, amplop bensin, dan amplop lainnya –makan di luar sampai pernak pernik sekolah). Ketika uang di amplop habis, tidak bisa ambil lagi sampai gajian, sebuah cara yang gampang untuk mengecek sisa uang, alih-alih menebak-nebak atau menarik uang terlalu banyak.
8) Temukan cara yang gratis untuk bersenang-senang dengan anak-anak. Rencanakan hari keluarga tiap hari minggu, membaca, nonton DVD, olah raga, pergi ke taman, bermain permainan papan, pergi ke pantai, mengunjungi famili, atau kegiatan yang tidak perlu ongkos, atau murah.
9) Rencanakan jauh hari, kalau kita tahu ulang seseorang, rencanakan anggarannya jauh hari sehingga pada waktunya tidak repot-repot menyisihkan uang, juga pengeluaran seputar sekolah selain uang sekolah seperti study tour atau foto bersama. Rencanakan juga seragam olah raga dan sepatu, sehingga kita tidak bangkrut ketika saatnya tiba.
10) Traktir keluarga sekali waktu. Nonton, makan, atau pergi waterpark. Menginap dua hari di hotel dengan water park yang bagus di dalamnya, lain hari traktir es krim atau lainnya.

Diterjemahkan dari situs ini

No comments:

Post a Comment